Banjir, Kebakaran, Tanah Longsor, Polusi Udara; Itu 'Disengaja'?

 



Banjir, kebakaran, tanah longsor, & polusi menjadi fenomena yang berulang. Itulah akibat serakahnya Kaum Kapitalis dalam mengeksploitasi alam. 

Boro-boro kesejahteraan, justru yang ada kerusakan lingkungan terjadi secara sistematis. 

Inilah akibat prinsip pengelolaan alam yang tidak mengindahkan perspektif Islam.

Islam bukan hanya mampu membahas soal ritual, tetapi pandangan Islam terhadap alam semesta mampu ‘mewakili Allah’ memakmurkan Bumi. 

الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ
"Kebersihan itu adalah sebagian dari iman." (HR Muslim).


Imam An-Nawawi dalam karyanya Khulâshatul Ahkâm fî Muhimmâtis Sunan wa Qawâ‘idil Islâm ada menjelaskan secara eksplisit larangan boros menggunakan sumber daya alam seperti air sebagaimana yang disebutkan oleh Rasulullah ﷺ : 

لا تُسْرِفْ

"Jangan berlebihan."

Ternyata Islam bisa memandang & mengharapkan keragaman geografis dan lingkungan baik biotik, abiotik, dan sosial.

مرَّ رجُلٌ بِغُصْنِ شَجَرَةٍ عَلَى ظَهْرِ طَرِيْقٍ فَقَالَ : وَاللَّهِ لَأُنَحِّيَنَّ هذَا عَنِ الْمُسْلِمِيْنَ لَا يُؤْذِيْهُمْ، فَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ

"Ada seorang pria yang menyingkirkan dahan pohon yang menghalani jalan. Lalu ia berkata, ‘Demi Allah, Aku akan singkirkan dahan ini agar tidak mengganggu dan nyakiti Kaum Muslimin.’. Maka Allah memasukkannya ke Surga." (HR Muslim).

Fungsi manusia sebagai Khalifah di Bumi ternyata mampu menjaga ketertiban alam, bahkan Islam telah memberikan panduan dalam pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.

اَلْمُسْلِمُونَ شُرَكَاءُ فِي ثَلاَثٍ فِي الْمَاءِ وَالْكَلإِ وَالنَّارِ وَثَمنَهُ حَرَامٌ

“Kaum Muslim berserikat dalam tiga hal: air, padang rumput dan api; dan harganya adalah haram.” (HR. Ibnu Majah)

عَنْ أَبْيَضَ بْنِ حَمَّالٍ أَنَّهُ وَفَدَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَاسْتَقْطَعَهُ الْمِلْحَ فَقَطَعَ لَهُ فَلَمَّا أَنْ وَلَّى قَالَ رَجُلٌ مِنَ الْمَجْلِسِ أَتَدْرِى مَا قَطَعْتَ لَهُ إِنَّمَا قَطَعْتَ لَهُ الْمَاءَ الْعِدَّ. قَالَ فَانْتَزَعَهُ مِنْهُ

Dari Abyad bin Hammal, ia mendatangi Rasulullah ﷺ & meminta beliau ﷺ agar memberi Tambang Garam kepadanya. Nabi ﷺ pun memberikan Tambang itu kepadanya. Ketika Abyad bin Hamal (ra) telah pergi, ada seorang lelaki yang ada di Majelis itu berkata, “Tahukah Anda, apa yang telah Anda berikan kepadanya itu? Sesungguhnya, Anda telah memberikan kepadanya ‘Sesuatu yang Seperti Air Mengalir’ (al-maa’ al-‘idd).” Ibnu al-Mutawakkil berkata, “Lalu Rasulullah ﷺ mencabut kembali pemberian Tambang Garam itu darinya (Abyad bin Hammal).”. (HR Abu Dawud dan At-Timidzi)

Gimana sih etika Islam dalam merawat lingkungan? 

Gimana yaa penerapan geosains dalam kehidupan sehari-hari yang harusnya menjadi habits kita? 

Terus gimana Islam bisa untuk memadukan antara potensi manusia mengeksplorasi kekayaan alam?

Tasqif menghadirkan: Kelas Intensif GEOSAINS ISLAM Bersama Prof. Dr. -Ing. Fahmi Amhar Pakar Geospasial, Alumnus Vienna University of Technology Austria.


Dipandu oleh Doktor Fahrudin, S.T., M.T. (Can.Ph.D.), Pakar Geologi, Alumnus Kyushu University Jepang.

Di sinilah tempatnya menambah khazanah Islam soal Geografi dan Sains dalam Islam. Inilah Kelas yang akan menjadi sarana Umat untuk memahami Alam Semesta dan menjaganya dengan baik. Kuy langsung daftar Guys, insyaAllah dimulai malam ini. Bisa klik link www.bit.ly/geosainsislam ygy.




Posting Komentar

0 Komentar