10 Cara Mengetahui Seseorang Mungkin Berbohong

cara-mengetahui-seseorang-berbohong
Tak jarang juga kita mendapati fakta ada karyawan yang berbohong, teman yang berbohong, penguasa di parlemen yang berbohong, partner bisnis yang berbohong, bahkan, anak dan pasangan yang berbohong.

Ntah kebohongan itu dilakukan atas dasar sikap opurtunis, supaya bisa mendapatkan untung lebih, sedangkan Anda tidak, maupun atas dasar defensif, agar mereka aman dari Anda yang menurut mereka bisa membahayakan, jika Anda tahu yang benar.

Tentunya, secara umum, bohong itu bukanlah perbuatan yang baik. Maka, sudah sepatutnya kita mulai rutinkan pencegahannya. Nah, berikut ini, ada 10 cara yang bisa Anda gunakan, untuk mengetahui apakah seseorang itu sedang berbohong atau tidak.

1. Matanya Berputar-Putar, Biasanya Hingga Menghadap ke Kanan

Yaps, salah satu tanda kemungkinan seseorang itu berbohong adalah, ketika Anda menanyakan sesuatu kepada seseorang, kemudian sebelum maupun ketika dia menjawab, matanya agak berputar-putar. Biasanya hingga menghadap ke kanan. Dan kadang malah dia tidak mau mengadakan kontak mata dengan Anda.

Ini pulalah salah satu cara yang digunakan ketika Anda diwawancari sebelum kerja di suatu perusahaan, hehehe!

2. Tangannya Berkeringat

Biasanya tangan seseorang yang berkeringat itu disebabkan oleh perubahan tingkat metabolisme tubuh, setelah itu, denyut jantungnya pun meningkat. Itu berarti dia sedang panik. Nah, panik itu, bisa jadi termasuk pertanda kebohongannya.

3. Tubuhnya Lasak

Seseorang yang banyak bergerak tidak penting, seperti misalnya menghentak-hentakkan jari telunjuk, memutar-mutar pulpen, meraba-raba benda, dan sebagainya, bisa jadi pertanda ia tengah menyembunykan sesuatu.

4. Cenderung Tidak Menggunakan Kata Ganti Orang Pertama

Biasanya, mereka yang berbohong itu tidak mengatakan, Saya, -ku, gue, dan sebagainya. Karena mereka khawatir, sekiranya pembahasan soal diri mereka digali-gali terus, maka kebenaran tentang diri mereka akan terungkap





Begitulah, kurang-lebih 10 cara mengetahui seseorang itu mungkin sedang berbohong atau tidak. Meski memang, semua ini bukanlah ilmu pasti. Hanya berupa hipotesis saja, yang bisa memudahkan kita dalam rangka melakukan penelitian, hingga barulah bisa menjadi kesimpulan.

Oh iya, barangkali Anda juga tahu cara lainnya untuk mengetahui seseorang mungkin berbohong? Kalau iya, share di kotak komentar di bawah ini ya! :D




Posting Komentar

0 Komentar