Cara Simple Membuktikan Kebenaran Al-Qurán


Okey ini kelanjutan dari artikel sebelumnya yaa, setelah kita sudah berhasil membuktikan keberadaan Tuhan, sekarang kita membuktikan kebenaran Al-Qurán.

Sebelumnya disclaimer dulu yaa, karena artikel ini sifatnya artikel pendek gitu, jadi ini penjelasan versi lite aja yaa. Versi mini giitu. Kalian juga kalau mau komentar kan dibatasi jumlah karakternnya. Kalau mau yang lebih detail, kalian bisa simak konten lainnya, mungkin di youtube, artikel, buku, atau kajian offline.

Nah kemungkinan asal Al-Qurán itu hanya ada 3:

  1. Buatan orang Arab waktu itu.
  2. Buatan Nabi Muhammad.
  3. Memang dari Allah.

Nah kemungkinan pertama, ternyata telah terbantahkah.

Mereka ditantang untuk membuat sesuatu yang serupa dengan Al-Qurán, namun tak ada yang mampu.

وَإِن كُنتُمْ فِى رَيْبٍ مِّمَّا نَزَّلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا فَأْتُوا۟ بِسُورَةٍ مِّن مِّثْلِهِۦ وَادْعُوا۟ شُهَدَآءَكُم مِّن دُونِ اللّٰـهِ إِن كُنتُمْ صٰدِقِينَ

Dan jika kalian dalam keraguan tentang apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami, maka datangkanlah satu surat yang sepertinya dan ajaklah penolong-penolong kalian selain Allah, jika kalian orang-orang yang benar.

[QS. Al-Baqarah: 23]
أَمْ يَقُولُونَ افْتَرَاهُ قُلْ فَأْتُواْ بِعَشْرِ سُوَرٍ مِّثْلِهِ مُفْتَرَيَاتٍ وَادْعُواْ مَنِ اسْتَطَعْتُم مِّن دُونِ اللّهِ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ

“Bahkan mereka mengatakan: “Muhammad telah membuat-buat Al Qur’an itu”, Katakanlah: “(Kalau demikian), maka datangkanlah sepuluh surat-surat yang dibuat-buat yang menyamainya, dan panggillah orang-orang yang kamu sanggup (memanggilnya) selain Allah, jika kamu memang orang-orang yang benar”.”

[QS. Huud: 13]
أَمْ يَقُولُونَ افْتَرَاهُ قُلْ فَأْتُواْ بِسُورَةٍ مِّثْلِهِ وَادْعُواْ مَنِ اسْتَطَعْتُم مِّن دُونِ اللّهِ إِن كُنتُمْ صَادِقِين

“Atau (patutkah) mereka mengatakan: “Muhammad membuat-buatnya.” Katakanlah: “(Kalau benar yang kamu katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kamu panggil (untuk membuatnya) selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar”.”

[QS. Yunus: 38]

Kemungkinan kedua, otomatis terbantahkan juga sebenarnya, karena Nabi Muhammad kan juga orang Arab.

Selain itu, "gaya komunikasi" Nabi Muhammad itu beda ketika menyampaikan Al-Qurán dan dengan gaya biasanya, seperti ketika menyampaikan hadits mutawatir.

Dan apalagi Nabi Muhammad waktu itu tidak mampu membaca dan menulis, jadi nggak mungkin Al-Qurán itu dikarang.

Nah maka kesimpulannya, Al-Qur'an benar berasal dari Allah SWT.

Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/close-up-shot-of-a-koran-8522573/





Posting Komentar

0 Komentar