Jangan-Jangan Anda Belum Tahu 15 Layanan Google yang Sangat Bermanfaat Ini?

Sebagai salah satu perusahaan raksasa, Google harus terus-menerus mengekspansi layanannya ke hampir semua lini kehidupan masyarakat. Berawal dari Google Search, dengan mudahnya masyarakat bisa mencari sebuah informasi yang sangat beragam. Kini layanan yang diberikan Google pun semakin beragam. Berikut ini akan kami bahas 15 layanan terbaik Google yang harus Anda ketahui.

1. Google Scholar

Google Scholar merupakan salah satu layanan terbaik Google yang mempermudah Anda untuk mencari artikel ilmiah, jurnal, dan karya ilmiah lainnya. Layanan ini diberikan oleh Google untuk kepentingan akademi, dengan harapan ilmu pengetahuan dan teknologi bisa berkembang dengan cepat.

2. Google Keep

Google Keep adalah salah satu layanan Google yang berfungsi sebagai pengingat. Google Keep didesain mirip seperti post-it note, kertas kecil yang bisa ditulis dan ditempel di buku atau sisi meja untuk mengingatkan Anda akan suatu janji atau proyek yang ahrus diselesaikan. Mengingat bahwa post-it note biasa belum efektif dan tidak bisa memberikan Anda notifikasi, Google Keep menghadirkan fasilitas itu bagi anda. Anda bisa mengurutkan pengingat dari skala prioritasnya. Selain itu Google Keep juga bisa diakses dari mana saja. Google Keep ini sudah dirilis untuk iOS dan Android.

3. Google Inbox

Aplikasi Google Inbox ini cocok bagi Anda yang sering berkirim email untuk urusan pekerjaan dan memerlukan komunikasi yang aman dari mana saja dan kapan saja. Aplikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk mengatur tampilan email secara simpel dan mengetahui riwayat inbox emailnya. Google Inbox akan memilah email mana saja yang penting dan harus Anda baca secepatnya.

4. Trendalyzer

Nama lain dari aplikasi ini adalah Gapminder. Layanan terbaik Google ini memungkinkan Anda untuk menggunakan berbagai grafis interaktif yang cocok untuk presentasi anda. Penampilan grafisnya disediakan dalam berbagai bentuk dengan ukuran dan warna yang beragam. Presentasi Anda pun tidak hanya serius namun juga bisa menghibur.

5. Google Business View

Seperti halnya Street View, Google Business View memungkinkan Anda untuk memberikan pandangand alam 360º dari kantor anda. Layanan inii memudahkan Anda untuk memberikan pengenalan tentang bagaimana kondisi interior kantor anda. Layanan ini memudahkan Anda untuk melakukan promosi kepada klien atau bahkan mertua dan orang tua Anda!

6. Google Correlate

Google Correlates adalah pengembangan dari aplikasi sebelumnya, Google Labs yang dianggap gagal dan dihentikan. Layanan ini memudahkan Anda untuk mencari sebuah kata kunci dan menampilkannya dalam bentuk grafik. Google Correlate akan menunjukkan data yang Anda cari dengan data yang dia punya di basis sistemnya.

7. Google Goggles

Google Goggles memudahkan Anda untuk mengetahui informasi dari foto yang Anda ambil. Contohnya, Anda bisa mengambil gambar di suatu kota yang Anda kunjungi, unggah foto Anda tersebut ke Google Goggle dan dapatkan informasi-informasi yang dimiliki oleh Google mengenai gambar yang Anda ambil tersebut. 

8. Google Sites

Google Sites memfasilitasi Anda yang akan membuat web bagi perusahaan atau untuk kebutuhan pribadi. Untuk memudahkan Anda memiliki web pribadi, Google Sites menyediakan berbagai macam template yang bisa Anda gunakan. Anda bisa menambahkan dokumen, gambar, peta, spreadsheet, dan file lainnya yang Anda butuhkan untuk melengkapi situs anda. Keamanan web Anda pun bisa terjamin karena Anda bisa mengatur sendiri siapa saja yang bisa melihat dan mengedit halaman web anda.

9. Google Fusion Tables

Layanan ini memudahkan Anda untuk berbagi data dalam bentuk tabel. Google Fusion Tables mirip dengan Microsoft Excel. Anda bisa melakukan beberapa operasi yang biasa Anda buat di Excel. Selain itu, Google Fusion Tables juga bisa membuka file yang berformat .xls, .ods, .csv,, dan .kml.

10. Google Classroom

Google meluncurkan salah satu layanan di bidang pendidikan bernama Google Classroom. Google Classroom diciptakan untuk mempermudah interaksi antara guru dan murid. Layanan terbaik Google ini memudahkan para pengajar untuk memberikan tugas, memberikan feedback, dan berkomunikasi dengan kelas yang dia ajar.

11. Google Crisis Response

Google pun meluncurkan aplikasi yang bisa membantu masyarakat mengetahui kondisi bencana yang menimpa daerahnya. Layanan ini menyampaikan informasi-informasi penting yang bersifat darurat dan dilengkapi dengan Google Maps. Penggunaan layanan ini sama dengan penggunaan Google Maps. Bedanya, informasi yang diberikan oleh Google Crisis Response lebih lengkap karena bekerja sama dengan organisasi pemerintahan. Anda bisa menemukan beberapa nomor darurat dari dinas atau badan pemerintah terkait yang dapat dihubungi dari layanan ini. 

12. Google Person Finder

Masih berkaitan dengan layanan Google yang digunakan untuk bencana alam, Google merilis Person Finder. Layanan terbaik Google ini diluncurkan apabila Anda berniat mengetahui informasi dari seseorang yang hilang akibat bencana. Layanan ini juga membantu regu penyelamat dalam proses evakuasi. Selain menemukan orang yang hilang, Anda juga bisa memperbarui data yang ada dengan memasukkan informasi tentang seseorang.

13. Google Art Project

Google bekerjasama dengan lembaga-lembaga seni dis eluruh dunia dalam membuat Google Art Project ini. Google Art Project memungkinkan Anda untuk menikmati indahnya karya seni dari seluruh dunia hanya dalam gadget Anda.

14. FieldTripper

Layanan FieldTripper bisa menjadi teman yang baik selama perjalanan Anda mengunjungi kota-kota atau tempat tertentu. FieldTripper mengumpulkan informasi dari kota-kota yang Anda kunjungi. Andapun bisa mempelajari sejarah dan mengetahui peristiwa-peristiwa apa saja yang pernah terjadi di sekitar tempat Anda berdiri.

15. Google Shopper

Anda bisa merasakan pengalaman berbelanja yang lain dengan Google Shopper. Google Shopper membuat Anda menemukan produk-produk yang dicari dan menemukan best deal di sekitar lokasi Anda. Selain itu, pencarian produk pada Google Shopper bisa dilakukan dengan mengetik, mengunggah gambar barcode, dan lewat suara.







Posting Komentar

0 Komentar